Nama : Eka Oktowani
NPM : 52413813
Kelas : 3IA22
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
NPM : 52413813
Kelas : 3IA22
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Diamond Rush adalah game petualangan yang dapat
dimainkan di ponsel produksi Gameloft. Dilihat dari akar kata-katanya, diamond berarti
berlian dan rush berarti serbuan. Tujuan dari game ini adalah memang
mengoleksi ratusan bahkan ribuan berlian.
1. Gameplay
Permainannya cukup sederhana, Anda tinggal menekan
tombol-tombol kanan, kiri, atas atau bawah (bisa diwakili oleh 4, 6, 2, atau 8)
untuk bergerak dan tombol pusat (bisa diwakili oleh 5) untuk menggunakan
senjata. Tujuannya adalah mengoleksi semua berlian yang mungkin diambil, serta
tidak terjebak dalam reruntuhan batu. Batu-batu itulah yang terkadang
menghalangi kita untuk mengambil berlian-berlian yang tersebar pada seluruh
stage.
Pada setiap stage, terdapat beberapa titik checkpoint (titik
aman). Terkadang bahkan sering kali, kita bisa salah meletakkan batu sehingga
tidak bisa melanjutkan permainan atau buntu. Melalui checkpoint yang
dilambangkan dengan lingkaran hitam berbintang, pemain bisa memutar waktu
kembali saat dia menginjak checkpoint tersebut. Caranya adalah dengan menekan
tombol pusat (atau 5) di lokasi checkpoint. Apabila benar-benar buntu, tidak
bisa kembali ke checkpoint tersebut, bisa tekan "*" di manapun kita
berada. Pada akhir tiap stage, terdapat pintu keluar untuk menuju ke stage
selanjutnya. Akan tetapi pintu keluar tersebut terkunci dan dijaga dengan
gembok besar. Biasanya, pemain harus menemukan kunci (emas) untuk membuka pintu
serta mengumpulkan sejumlah berlian ungu untuk membuka gembok tersebut.
2. Alur Cerita
Tidak diceritakan siapa yang bermain sebagai
karakter utama, okelah saya akan menyebut dia sebagai Arthur. Arthur adalah
seorang maniak berlian. Siapa yang menyangka bahwa penemuan batu lingkaran
misterius membawanya ke sebuah petualangan yang menakjubkan. Ya! Petualangan
mencari berlian. Pada batu misterius tersebut, ada tiga buah lubang berbentuk
berlian. Arthur berpikir: seharusnya lubang ini diisi oleh berlian. Pada ketiga
lubang itu, terdapat ukiran yang menjadi petunjuk petualangannya. Petunjuk
tersebut antara lain adalah api (yang membawanya ke Angkor Wat), helm
perang (yang membawanya ke Bavaria) dan es (yang membawanya ke Tibet).
Tentu saja, untuk menemukan ketiga berlian yang hilang itu tidaklah mudah.
Arthur harus memasuki labirin-labirin sebelum mendapatkan berlian-berlian
tersebut. Arthur dibantu oleh kemampuannya menggambar peta, serta kemampuan
Anda untuk menemukan jalan-jalan rahasia.
Angkor Wat
Petualangan pertama Arthur adalah menjelajahi Angkor
Wat, yaitu candi besar bercorak agama Budha di Kamboja. Penjelajahannya ini
dilakukan dengan melewati lorong-lorong di bawah Angkor Wat yang strukturnya
berupa batuan dan rumput liar. Ada delapan lokasi yang harus dijelajahi sebelum
tiba di lokasi kesembilan, tempat berlian api tersembunyi. Ada juga empat
lokasi rahasia yang bisa dijelajahi di sini. Angkor Wat ini dipenuhi dengan
ular-ular berbisa yang siap menyerang Arthur.
Di Angkor Wat ini, Arthur akan menemukanPalu Ajaib yang
dapat digunakan untuk memecah beberapa batu penghalang yang sudah rapuh. Palu
itu juga bisa digunakan untuk menghajar ular-ular berbisa Angkor Wat. Di
penghujung lokasi di mana terdapat berlian api, Arthur bertemu dengan Ular
Api Raksasa yang menjaga kotak penyimpan berlian tersebut. Ia pun harus
mengalahkan ular tersebut dengan batu-batu candi di sekitar situ. Hati-hati!
Ular tersebut menyemburkan api lewat samping-samping kepalanya.
Bavaria
Setelah selesai dengan misi pertamanya, Arthur
melanjutkan perjalanannya ke sebuah kastil (mungkin kastil Neuschwanstein)
di Bavaria, Jerman. Arthur harus menjelajahi seluruh kastil yang dipenuhi oleh
tarantula, patung tentara Teuton yang bisa gerak-gerak sendiri, bola-bola
pedang dan bola-bola api yang bisa menggelinding sendiri. Ada sembilan lokasi
yang harus dijelajahi sebelum tiba di lokasi kesepuluh, tempat berlian perak
tersembunyi. Ada pula tiga lokasi rahasia yang bisa dijelajahi.
Di Bavaria, Arthur akan menghadapi kesulitan
bernapas di air. Di sini Arthur akan menemukan dua buah alat, yaitu kait
ajaib dan minuman ajaib untuk bernapas di dalam air. Kait tersebut
bisa digunakan untuk menarik batu besi, bom dan hewan-hewan buas. Di penghujung
kastil, Arthur bertemu denganKsatria Teuton yang bangkit dengan kekuatan
sihir jahat. Serangan kapaknya menyemburkan api vertikal ke atas, bersiap-siap
saja menghindar karena setingkat lebih sulit daripada Ular Api Raksasa. Setelah
mengalahkan ksatria tersebut, Arthur mendapatkan akses bebas menuju kotak
berlian perak yang dicari-cari itu.
Tibet
Tibet merupakan tujuan akhir Arthur. Di Tibet,
Arthur harus menjelajahi sebuah istana yang diliputi salju (mungkin istana itu
adalah istana Potala). Di dalam kastil ini, banyak sekali halang rintang
yang harus dihadapi, antara lain stalagtit yang bisa jatuh kapan pun, monyet
liar, kura-kura batu, patung naga yang menyemburkan es serta shaolin-shaolin
(mirip Aang-nya Avatar) yang menembaki Arthur dengan tombak. Di istana ini juga
terdapat guci ajaib yang bisa menerbangkan batu (guci apaan ya tuh?). Terdapat
sepuluh lokasi sebelum menemukan lokasi berlian es.
Di Tibet ini, palu ajaib Arthur akan dilengkapi
dengan sihir es menjadi Palu Es. Dengan palu ini, Arthur tidak hanya mampu
membuat pusing hewan-hewan itu tetapi juga membekukannya menjadi es. Di
penghujung istana, Arthur akan berjumpa dengan Yeti -si penunggu
berlian es. Hati-hati dengan stalagtit yang bisa jatuh ketika Yeti memukul bumi.
Kali ini senjata untuk mengalahkannya bukanlah batu seperti mengalahkan ular
dan ksatria teutonic. Arthur harus membekukan monyet-monyet setelah pintu
dibuka dengan memukul switch biru di bawah. Setelah Yeti terkalahkan, pintu
menuju kotak berlian es akan terbuka.
3. Toko (Store)
Dalam petualangannya, Arthur akan memperoleh
berlian-berlian berwarna ungu dan merah. Berlian merah digunakan untuk membuka
lokasi Bavaria dan Tibet. Sedangkan berlian ungu dapat digunakan untuk membeli
beberapa jubah untuk melindungi Arthur. Jubah-jubah tersebut antara lain:
Chain Vest (5 life points)
Magical Suit (6 life points)
Mithril Vest (7 life points)
Crystal Jacket (8 life points)
4. Peta (Rute Hingga Selesai)
Epilog
Game ini sederhana, walaupun tidak sesederhana
ceritanya. Butuh keahlian menekan keypad serta sedikit asah otak agar
perjalanan tidak buntu oleh karena reruntuhan batu. Permainan masih bisa
dilanjutkan tanpa ketiga berlian khusus itu, tentu untuk membuka beberapa
jalan-jalan rahasia yang tersisa. Biasanya jalan rahasia itu membutuhkan
alat-alat yang belum tersedia. Di Angkor Wat misalnya, masih ada jalan rahasia
yang membutuhkan palu es atau kait ajaib yang tidak didapatkan di Angkor Wat. Anda
ingin memainkannya?
Review Diamond Rush
Stage 1
Stage 2
Stage 3
Sumber:
http://gedebus.blogspot.co.id/2011/11/diamond-rush.html
World of The Internet
BalasHapusProfessional Video Blogs
Benefits of E-mail Archiving
Forum Is Helpful For The Business
Technology Obsessed
Internet Marketing Agency