History of Gaming
Sejarah Board Game
Beberapa fakta terdahulu ditemukan bahwa Board Game merupakan
jenis permainan tertua yang pernah ditemukan umat manusia. Board Game ditemukan
di makam-makam dan kuburan atau di lukisan-lukisan serta pahatan kuno masa
lalu. Permainan ini merupakan peninggalan budaya lalu (folktales) sederhana
yang biasa terbuat dari tanah kayu dan batu. (Flanagan: 63). Pada masa lalu
Board Game sering dimainkan oleh para penguasa seperti raja dan jajarannya.
Papan permainannya biasa terbuat dari material yang mewah dan memiliki nilai
tinggi seperti gading, batu mulia dan material berharga lainnya.
Perkembangan Board Game sangat signifikan dalam semua aspek
dan komponen permainan. Mulai dari cerita permainan yang beragam, tema
permainan, mekanika yang bervariasi hingga aspek yang estetika yang menjadi
unsur pembeda tiap board game.
Media Board Game
Menurut Nelson Gustav Wisana salah satu pendiri board game
developer Kummara menyebutkan bahwa Secara harfiah, board gameadalah segala
jenis permainan yang menggunakan papan atau alas untuk bermain.Sebenarnya
Indonesia telah mengenal board game sejak lama contohnya Ular-Tangga, Halma,
Catur dan lainnya namun kata board game sendiri masih asing di telinga rakyat
Indonesia. Usia board game sendiri sudah sangat tua, board game
tertua yang pernah diketahui bernama Sennet berasal dari peradaban
Mesir kuno yang ditemukan dalam gambaran lukisan batu makam Merknera yang
diperkirakan berasal dari abad 3300-2700 SM.
Board game biasanya dimainkan oleh lebih dari 1 orang di 1
meja yang sama. Berkumpulnya sekumpulan orang di satu meja untuk bermain
merupakan salah satu fenomena unik yang dapat diciptakan oleh board game.
Melalui situasi ini, sebuah board game memiliki keunikan tersendiri dan
memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan mental para pemainnya.
Kategori Boardgame
Berdasarkan jenisnya Boardgame dibagi bagi kedalam beberapa
kategori diantaranya:
1. Strategi board game
Strategi Boardgame adalah game yang mengandalkan keahlian
personal dari pemain dalam memenangkan permainan. Contohnya yaitu permainan
catur. Biji permainan catur terdiri dari raja, ratu, pion, benteng, kuda, dan
menteri yang dimainkan dalam 64 kotak berwarna kombinasi hitam-putih.
Sejarah permainan Catur ini bermula pada abad ke-6, di India.
Selama masa pemerintahan raja-raja Gupta, permainan ini disebut caturaṅga. Dari India, catur menyebar ke Persia dan
disebut sebagai shatranj di Sassanid. Aturan permainan ini lantas dikembangkan
lebih lanjut, dan segera, Shatranj menjadi aktivitas rekreasi kerajaan favorit
di dunia muslim. Dari Persia, catur kemudian menyebar ke Arab. Catur
selanjutnya dikenal di seluruh Spanyol dengan nama ajedrez dan sebagai xadrez
di Portugal. Perlahan-lahan, caturanga menjadi zatrikion dalam bahasa Yunani, dan
akhirnya menyebar di Eropa.
Pada masa-masa kemudian, papan permainan catur didistribusikan
dalam bentuk souvenir dan cinderamata di keluarga kerajaan dan masyarakat umum.
Penelitian sejarah menunjukkan bahwa catur mencapai Eropa Barat dan Rusia pada
abad ke-9. Orang Moor dikreditkan sebagai yang mempopulerkan permainan ini di
Semenanjung Iberia, di abad ke-10 dan disebutkan dalam naskah abad ke-13
sebagai shatranj.
Pada tahun 1200, aturan permainan catur mulai didefinisikan di
Eropa selatan. Sedangkan aturan yang menjadi dasar aturan modern pertama kali
diadopsi di Spanyol dan Italia. Aturan ini lantas menyebar ke seluruh dunia
barat, kecuali aturan ‘stalemate’. Aturan ini baru didefinisikan pada abad
ke-19, dan kemudian mendapat julukan baru: Western Chess.
Buku yang menulis teori awal catur ditulis pada abad ke-15.
Buku ‘Repetición de Amores y Arte de Ajedrez’ atau ‘Pengulangan Cinta dan Seni
Bermain Catur’ diterbitkan pada tahun 1497, dan ditulis oleh Luis Ramirez de
Lucena. Sementara itu, di Eropa, banyak aturan awal ditentukan oleh Lucena,
Pedro Damiano, Giovanni Leonardo Di Bona, Giulio Cesare Polerio, Gioachino
Greco, dan Ruy López de Segura.
Pada abad ke-18, catur menjadi sangat terkenal di Eropa
Selatan dan Perancis. François-André Danican Philidor, Louis-Charles de Mahé La
Bourdonnais, dan Alexander McDonnell adalah di antara beberapa grandmaster
catur pertama. Turnamen catur modern pertama kali dimenangkan oleh Adolf
Anderssen, di London, pada tahun 1851. Beberapa pemain catur ternama di era modern
diantaranya adalah Paul Morphy, Wilhelm Steinitz, Johannes Zukertort, Emanuel
Lasker, José Raúl Capablanca, Gary Kasparov, Anatoly Karpov, dan Viswanathan
Anand.
2. Germanstyle board game (euro games)
Permainan germanstyle Boardgames lebih mengandalkan
penggabungan strategi dan kesederhanaan permainan, contohnya yaitu Puerto rico.
3. Race Game
Tipe permainan ini mengharuskan pemain menggerakan pion menuju
titik akhir permainan, yang tercepat menjadi pemenang. Contohnya
yaitu Ular Tangga.
Permainan mengandalkan dadu dan papan atau kertas bermotif
kotak-kotak dengan berbagai peraturan di dalamnya ini berasal dari tanah
Hindustan. Di Negara asalnya, permainan ini dikenal dengan sebutan moksha
patam atau vaikunthapaali, atau dikenal juga dengan nama paramada
sopaanam.
Ketiga bahasa India yang mengacu pada permainan ini artinya
adalah tangga menuju keselamatan. Menyebarnya permainan tradisional milik India
ini terjadi pada 1943. Saat itu, permainan ini mulai menyebar di Amerika
Serikat.
Ketika bermain, Anda dihadapkan pada dua pilihan yang semuanya
bergantung pada nasib dan keberuntungan Anda, atau masyarakat India mengenalnya
dengan sebutan Karma. Bisa ular yang artinya harus turun atau tangga yang
artinya naik.
Ini kemudian dikaitkan dengan filsafat milik sistem kepercayaan
Hindu. Ada sebuah kontras disini, antara Karma dan Karma atau Takdir dan
Keinginan. Ketika memainkan ular tangga, keinginan untuk selalu menginjak kotak
bertangga pasti paling besar, tetapi ketika takdir atau kocokan dadu memaksa
Anda untuk menginjak ular, Anda bisa apa?
Tangga dan ular yang ada pada permainan ini juga melambangkan
sesuatu. Masih menurut filsafat Hindu, tangga adalah gambaran dari
kebijaksanaan. Tangga bermakna kerendahan dan kemurahan hati serta iman.
Sementara ular melambangkan nafsu, kemarahan dan hal-hal buruk lainnya. Jumlah
kotak yang totalnya 100 adalah gambaran sebuah keselamatan.
4. Roll and move
Tipe permainan ini mengandalkan perputaran dadu atau benda
lain yang menghasilkan angka secara acak untuk menentukan langkah yang harus
diambil o leh pemain. Contohnya adalah Monopoli.
Sebenarnya sejak awal tahun 1900 sudah ada permainan yang
serupa. Yaitu The Landlord’s Game yang diciptakan oleh Elizabeth
Magie yang tujuannya untuk mempermudah setiap orang mengerti bagaimana para
tuan tanah dapat memperkaya dirinya dan membuat miskin para penyewanya.
Kemudian Magie memperkenalkan permainan The Landlord’s Game ini pada tahun
1904. Permainan ini tidak dipatenkan, selain itu tidak ada produsen selain The
Economic Game Company yang memproduksi hingga tahun 1910 di New York. Kemudian
di Britania Raya permainan ini diterbitkan pada tahun 1913 oleh The Newbie Game
Company di London dengan nama Brer Fox an’ Brer Rabbit.
Permainan ini mulai tersebar dari mulut ke mulut serta variasi
dari bermain dari lokal yang mulai berkembang yang diikuti dengan penjualan
mainan tersebut. Dan salah satunya adalah Auction Monopoly yang kemudian di
singkat menjadi Monopoli. Secara perlahan permainan ini mulai dipelajari oleh
Charles Darrow yang akhirnya dipatenkan dan di jual kepada Parker Brothers
sebagai penemunya sendiri. Akhirnya, Parker Brothers mulai memproduksi mainan
Monopoli secara luas pada 5 November 1935.
5. Trivia Game
Tipe permainan ini mengandalkan pengetahuan umum dari pemain,
permainan ditekankan pada pertanyaan pertanyaan umum yang dilemparklan pada
setiap pemai. Contohnya adalah : Trivial Pursuit.
Trivial Pursuit ialah permainan papan yang terdapat jawaban
dari pertanyaan di bidang sejarah, olahraga, budaya, dan katergori lain.
Permainan ini dibuat oleh wartawan Kanada Scott Abbott dan Chris Haney dan
diluncurkan ke pasaran pada tahun 1982.
Permainan ini dapat dimainkan dalam kelompok maupun satu lawan
satu. Secara teoretis permainan ini tak terbatas pada jumlah pemain. Versi awal
permainan ini dikenal sebagai Genus (atau Genus I). Beberapa edisi pengetahuan
umum lainnya (seperti Genus II) telah menyusul.
Di Amerika Utara, popularitas permainan ini berpuncak pada
tahun 1984, ketika permainan ini terjual lebih dari 20 juta. Hak atas permainan
ini dilisensikan ke Parker Brothers (sekarang bagian dari Hasbro) pada tahun
1988, setelah ditolak oleh Virgin Group; pada tahun 2008, Hasbro membeli penuh
hak permainan ini sebanyak 80 juta dolar AS. Dari tahun 2004, hampir 88 juta
permainan ini terjual di 26 negara dan dalam 17 bahasa. Daerah Elroy di Pasifik
Utara menciptakan 30.000.000 permainan antara tahun 1983-1985.
Jawaban dalam permainan ini dapat dimasukkan dalam 6 kategori:
ilmu bumi, hiburan, sejarah, seni dan sastra, IPA, olahraga dan rekreasi.
Untuk memulai, memisahkan kartu warna menjadi warna-kode
tertentu tumpukan. Setiap pemain harus memilih token dan menempatkannya di
tengah-tengah papan. Setiap pemain kemudian gulungan mati untuk melihat siapa
yang pergi duluan, jumlah tertinggi terjadi pertama, kedua setelah itu, dan
seterusnya.
Pemain pertama gulungan mati, dan bergerak yang banyak ruang
dalam arah pilihan mereka. Jika ia mendarat di ruang ”Roll lagi” , pemain harus
roll dadu lagi dan langkah yang jumlah ruang tambahan.
Ketika ia mendarat pada ruang kosong, ia harus menjawab
pertanyaan pada kartu yang sama dengan warna ruang itu. Setiap warna mewakili
kategori yang berbeda, sehingga sejumlah pertanyaan sangat bervariasi. Jika dia
mendapat pertanyaan yang benar, ia terus gilirannya, tetapi jika ia tidak
menjawab pertanyaan dengan benar kemudian memutar pindah ke pemain berikutnya.
Jika jawabannya adalah tidak benar, maka seperti pada ruang
normal yang giliran pemain berakhir dan bergerak pemain berikutnya. Untuk
memenangkan permainan, pemain harus terlebih dahulu mengumpulkan semua enam
dari potongan berwarna di sekitar papan, dan kemudian harus gulung persis cukup
untuk membuat ke tengah papan. Pada saat itu, pemain harus menjawab pertanyaan
permainan menang.
Para pemain lain memutuskan kategori pertanyaan terakhir. Jika
pemain mendapatkan pertanyaan yang salah, gilirannya berakhir dan dia harus
berusaha untuk mencapai hub lagi di masa depan berubah.
6. Word Game
Tipe permainan ini sangat erat dengan permainan kata kata,
penekananya adalah pengolahan kata yang dijadikan permaianan. Contohnya adalah
Scrabble.
Sejarah dari permainan Scrabble ini pada mulanya diciptakan
pada tahun 1938 dengan nama “Criss-Croswords” oleh seorang arsitek bernama
Alfred Mosher Butts. Permainan ini merupakan penyempurnaan dari permaian Lexiko
yang lebih dulu diciptakannya, tapi dilengkapi papan permainan dan cara bermain
seperti teka teki silang. Permainan tetap menggunakan keping huruf seperti
Lexiko yang dibuat berdasarkan hasil perhitungan distribusi frekuensi
penggunaan huruf berbagai tulisan bahasa Inggris. Alferd Butts memproduksi
sendiri permainan ini dan menawarkannya ke berbagai perusahaan mainan besar
tetapi tidak ada yang berminat.
Baru pada tahun 1948, seorang pengacara, James Brunot membeli
hak memproduksi permainan Criss-Crosswords. Sebagai pemilik yang baru, Brunot
mengganti nama permaian menjadi “Scrabble”, sebuah kata dalam bahasa Inggris
yang berarti “berjuang membanting tulang”. Brunot hanya sedikit mengubah
kotak-kotak “bonus” pada papan permainan, dan menyederhanakan aturan permainan.
Permainan Scrabble ternyata laku dijual. Salah satu pembelinya adalah toko
serba ada Macy’s yang berhasil mengangkat Scrabble menjadi permainan yang
diminati oleh konsumen.
7. War Game
Tipe permainan ini mengangkat tema situasi perang, pemain
dibawa seolah olah sedang menjalankan operasi militer, contohnya
adalah Advanced Squad Leader.
Advanced Squad Leader (ASL) tergolong kategori wargame yang
sangat fleksibel utamanya dalam aspek tantangan serta skenario. Ya, di dalam
ASL kamu bisa memainkan banyak modul yang mengangkat palagan Perang Dunia II
dalam format board game. Salah satu contoh modul yang direkomendasikan bagi
para pemain pemula adalah Beyond Valor yang memiliki banyak skenario dari
konflik antara tentara Jerman dan Rusia era 1939-1945.
Karena fleksibilitasnya ASL dapat mengangkat kisah perang yang
manapun dalam era tersebut, dari skenario berbasis pasukan berisikan 10 orang
hingga kelas batalion. Dari pasukan bersenjatakan senapan otomatis, bazooka,
tank, paratrooper, serangan pantai dan lainnya. Dituliskan di laman ASL di
BoardGameGeek meski hanya bisa dimainkan 2 pemain, setiap skenario menawarkan
waktu bermain yang sangat bervariasi tergantung kompleksitas. Setidaknya
berkisar antara 120 hingga 18.000 menit. Beberapa skenario sangat menggambarkan
heroisme sehingga permainan ini masuk ke dalam daftar board game bertema
kepahlawanan yang saya sarankan untuk dicoba.
Modern
Game PC yang dapat dikategorikan sebagai game
modern ini juga sama dengan game konvensional memiliki beberapa manfaat asalkan
menggunakannya dengan baik dan bijaksana. Tentunya seorang anak-anak belum
bisa melakukan hal ini sehingga game
PC pun sebaiknya harus
ada pemandu supaya bisa memberikan
manfaat yang banyak bagi anak-anak. Pemandu di sini bukan harus
selalu pemandu layaknya game konvensional, tapi orang tua cukup
untuk menjadi pemandu sang anak.
Orang tua harus mengerti dan memahami mengenai dampak-dampak
yang di timbulkan game, baik dampak positif maupun dampak negatifnya. Hal ini
supaya bisa mengontrol anak untuk tidak terlalu berlebihan dalam bermain game
yang akhirnya banyak menimbulkan dampak yang buruk bagi anak-anak itu sendiri. Dan
sangat tidak baik anak-anak di epas begitu saja tanpa pengarahan dan bimbingan
dalam bermain game
apalagi anak-anak yang masih belum
dewasa dan masih dalam masa perkembangan diri.
Sejarah Game Modern
Sejarah video game atau game PC dimulai pada era 1950an. Dan
mulai dikembangkan di era 1960an pada komputer mainframe. Secara bertahap
perkembangan video game pun mulai berkembang semakin canggih
dan dikembangkan juga dibeberapa platform seperti: arcade, mainframe, konsol,
pribadi computer dan kemudian di HP. Untuk lebih jelasnya berikut
ini adalah sejarah perkembangan video game baik yang konsol maupun PC.
Asal usul permainan video/video game (game PC) terletak pada
awal tabung sinar
katoda berbasis pertahanan peluru kendali
sistem pada akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam
permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an. Pada akhir 1950-an dan
melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang
dikembangkan (kebanyakan di computer mainframe), secara bertahap tingkat
kecanggihan dan
kompleksitasnya pu turut bertambah. Setelah
periode ini, video game menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe,
konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan genggam.
Perusahaan komersial pertama konsol permainan video adalah
Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan baru di
akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. Tetapi perusahaan ini
tidak bertahan lama disebabkan oleh banjir
dari video game yang datang ke pasar mengakibatkan keruntuhan
total industri game konsol di seluruh dunia, akhirnya menggeser
dominasi pasar dari Amerika Utara ke Jepang. Tapi inihanya mempengaruhi pasar
game konsol, pasar game komputer sebagian besar tidak terpengaruh.
Generasi selanjutnya dari konsol video game akan terus
didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang. Walaupun
beberapa upaya akan dilakukan oleh Amerika
Utara dan perusahaan-perusahaan Eropa, generasi keempat konsol,
usaha mereka pada akhirnya akan gagal. Tidak sampai generasi
keenam konsol permainan video akan non-perusahaan Jepang merilis
sebuah sistem konsol sukses secara komersial. Pasar telah mengikuti jalan yang
sama dengan beberapa kali gagal dilakukan oleh perusahaan-perusahaan
Amerika yang semuanya gagal di luar beberapa keberhasilan terbatas dalam
permainan elektronik genggam sejak dini.
Saat ini hanya perusahaan-perusahaan Jepang memiliki sukses
besar konsol game handheld, walaupun dalam beberapa tahun terakhir permainan
genggam telah datang ke perangkat seperti ponseldan PDA .
A. Generasi Pertama
Generasi pertama konsol permainan video berlangsung dari tahun
1972, dengan rilis dari Magnavox Odyssey, hingga 1977, ketika “pong”. Style
produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan dan
keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol.
B. Generasi Kedua
Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua (biasa disebut
sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976
dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video
sistem. Hal yang menarik dari Fairchild Channel F ini adalah dalam
perilisan video gamenya, dimana game-game tersebut diberi nomor. seperti pada
game pertamanya yang berjudul "Videocart-01: Tic Tac Toe, Shooting
Gallery, Doodle, Quadradoodle".
Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah
konsol game ATARI. Beberapa contoh konsol game pada generasi kedua adalah Fairchild Channel F,
Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 dan Atari 5200. Pada
tahun 1988 Atari 2600 mengeluarkan game pertamanya yaitu "32 in 1".
Tidak banyak informasi yang saya ketahui tentang Magnavox Odyssey ver. 2. Untuk
total dari gamenya sendiri ada sekitar 69 game. Untuk mengetahui lebih banyak
tentang apa saja game yang dirilis bisa klik disini. Untuk game pertama yang
dirilis untuk Atari 5200 adalah Centipede.
C. Generasi Ketiga
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya
Jepang Family Computer atau lebih dikenal dengan nama FAMICOM (kemudian
dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun
konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir
generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”.
Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis
dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Game pertamanya yaitu
Donkey Kong yang dirilis pada 15 Juli 1983.
Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama
didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game
yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA. Game yang cukup
populer pada konsol ini tidak lain tidak bukan adalah Sonic.
D. Generasi Keempat
Generasi keempat atau biasa disebut dengan era 16-bit, pada
generasi ini NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah
perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega
merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal
dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi
yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan,
tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang,
pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES
(Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega
menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan
NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol
mereka begitu handal dan populer.
1. Tahun 1989
Nintendo merilis game-handheld, Game Boy. Harga: $109. Game
yang cukup terkenal adalah Tetris. NEC merilis video game sistem Turbografx-16,
PC Engine versi Amerika Utara. Harga: $189. Sega merilis video game system Sega
Genesis. Harga: $249.
Atari merilis game-handheld berwarna pertama Atari Lynx.
Harga: $149. NEC merilis versi yang ditingkatkan dari console PC Engine
mereka di Jepang, SuperGrafx. Hanya 5 judul game yang memanfaatkan video game
ini dan tidak pernah dijual secara komersial di luar Jepang. Game pertama Atari
Lynx dirilis pada tahun 1989 berjudul Blue Lighting.
2. Tahun 1990
Trip Hawkins keluar dari Electronic Arts dan
mendirikan 3DO. NEC merilis Turbografx CD ekspansi untuk Turbografx-16,
mengupgrade sistem tersebut dengan CD-ROM. Harga: $399. Beberapa game yang
dirilis untuk Turbografx CD ini antara lain No-Ri-Ko (1988), Far East of Eden:
Ziria (1989) dan Ys I & II (1989). SNK merilis Neo-Geo (AES), untuk
pertama kalinya sistem yang benar-benar membawa arcade ke rumah. Harga: $699. SquareSoft
merilis Final Fantasy pertama yang nantinya menjadi role-playing game terbaik
di sistem console. Sega merilis game-handheld Game Gear. pada tahun 1990 Sega
merilis game Column. Microprose terbentuk.
NEC merilis versi hanheld dari Turbografx-16 console
mereka, TurboExpress.
3. Tahun 1991
Commodore merilis video game rumahan berbasis CD, CDTV. Harga:
$999. Fujitsu merilis FM Towns Marty, console 32-bit pertama di
dunia. Nintendo merilis Super Nintendo. Harga: $199.
Joe Santulli dan Kevin Oleniacz
mendirikan Digital Press, publikasi independent kolektor video game
berbagai sistem. Dua penerbit PC entertaintment utama, Cinemaware dan Epyx,
tutup.
4. Tahun 1992
Philips merilis video game rumahan berbasis CD, CD-i. Sega
merilis ekspansi Sega CD untuk Sega Genesis.
E. Generasi Kelima
Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana
konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation. PS1
ini dirilis pada 3 Desember 1994 di Jepang. Game pertama yang dirilis di
tanggal yang sama yaitu Crime Crackers.
F. Generasi Keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol
game next-generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY,
SEGA, Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh
Microsoft yang diberi nama Xbox. Pada 15 November 2001 Xbox diluncurkan dengan
game pertamanya yaitu Dead of Alive 3. SONY meluncurkan Playstation 2 pada
tahun 2014, dengan game pertamanya AFL Live Premiership Edition. Perang konsol
game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak
dapat lagi meneruskan konsol next-generation (Dreamcast) mereka dan lebih
memilih untuk berkonsentrasi dibidang pembuatan game konsol. Game pertama untuk
Sega Dreamcast ini adalah AeroWings.
G. Generasi Ketujuh
Dikarenakan semakin canggihnya teknologi di bidang teknologi
maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar (Sony, Nintendo, dan Microsoft)
mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka
keluaran terbaru. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama
PS3(Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft
dengan Xbox 360. Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem
permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung
dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya permainan single player. Wii
diluncurkan yang paling pertama yaitu di Amerika pada 19 November 2006. Di saat
yang sama pula Wii telah merilis lebih dari satu game, salah satunya yaitu
SpongeBob SquarePants: Creature from The Krusty Krab.
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar